SEMIOTIKA IN REAL LIFE

 Halo Assalamualaikum Saya Zakir di postingan ke blog ini, saya akan membahas Semiotika sekaligus dengan contoh IRL ( In Real Life ) sesuai dengan pengalaman hidup saya 


Semiotika itu sederhananya adalah ilmu yang mempelajari tentang tanda, dan gunanya itu adalah untuk membedah sesuatu bisa dalam bentuk text ( bisa sifat, omongan,  dll ) atau visual ( peristiwa yg di adepin )  sampe kita bisa tau maksud makna dari yang ingin kita bedah 


langkahnya gimane : 

mulai dari mengenali sebuah penanda dari apa yang kita bedah ( bisa bentuk secara fisik/ peristiwa ) - bisa di jelaskan reaksi dari hal yang kamu rasakan dan tindakanya itu apa, deskripsikan ( konsep mental ) - lalu kita bisa mengambil makna dari apa yang kita bedah


Contoh Pengalaman Saya :

Hari Senin adalah waktu saya bekerja, saya ingin bekerja tepat waktu dan cepat agar tidak lewat deadline yang sudah di tentukan oleh atasan saya, karena bekerja dengan sistem full time remote, yang berarti di rumah, pasti tantangannya lebih besar ketimbang kerja di kantor.  ( bisa bentuk secara fisik/ peristiwa )


Sehingga dari situ saya mencari cara meskipun kerja dari rumah itu agar tidak terganggu. Mulai dari mengatur waktu dengan timer sehingga waktu kerja dan waktu istirahat efektif, selalu menyiapkan workspace yang comfortable agar bisa memaksimalkan kinerja saya, dan tentu saja kopi agar tidak ngantuk pada saat mengerjakan tugas.  ( konsep mental )


Makna yang kita bisa ambil adalah bahwa kalo saya ingin bekerja dengan cepat dan menepati deadline adalah kita bisa dengan memaksimalkan workspace yang comfortable, timer agar tidak lewat deadline, dan kopi agar tidak mengantuk. makna dari apa yang kita bedah


yap itu adalah semiotika jika di bahas dengan kata kata yang sederhana, dan juga di tambah dengan pengalaman saya, jika ada salah nanti tinggal komen ya di kolom komentar, wassalam..



Mudzakir Abdul Hafizh - NPM 202046500115 - S4A - DKV Unindra 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Objek Kajian ( Film Sang Pemimpi ) dan Analisis Semiotiknya

Review Jurnal Seni Rupa & Desain

Kajian Literatur ( Social Media Branding )