Review Jurnal Seni Rupa & Desain

1.  Judul : Kajian Desain Kemasan Tolak Angin Dan Antangin ( 2019 ) Oleh Muhammad Agus Faisal. Yang di muat dalam artikel Ikonik ( Jurnal Seni Dan Desian )


Objek Kajian Seni Rupa dan Desain : 

Objek Kajian pada jurnal ini membahas kemasan produk jamu atau obat herbal diantarnya Tolak Angin dan antangin, yang dimana antangin merupakan produk me too setelah produk Tolak Angin muncul, Pembahasan ini termasuk ke dalam dunia desain spesifiknya yaitu Desain Produk.


Pendekatan : 

Observasi dan dokumentasi dengan melihat langsung desain visual pada masing masing kemasan


Analisis :  

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif adalah penilitian yang bertujuan menggambarkan dan menginterpretasi objek yang diteliti sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa katakata tertulis maupun lisan dari subjek dan objek yang diamati.


Teori : 

di dalam tulisan ini memuat banyak pendapat pemikir dari berbagai kalangan dari Desain Produk, ( Kartajaya, Silayoi & Speece ) & Prinsip Desain ( Suptandar, Kusmiati, Astuti & Jefkins )


Kesimpulan : 

Tulisan ini memaparkan tentang bagaimana perbedaan kemasan produk antara Tolak Angin dan juga Antangin, yang di jelaskan secara rinci dengan menggunakan prinsip prinsip desain dan Bagaimana usaha dari produk Antangin membuat desain kemasan yang hampir sama, guna untuk pemasaran, karena produk Antangin merupakan produk kompetitor dari produk Tolak Angin yang merupakan produk pertama dari obat herbal. walaupun Antangin berusaha membuat desain yang begitu mirip, tetapi tetap ada perbedaan di antara keduanya yang menjadi ciri khas masing masing produk, yang telah diperhatikan oleh desainer, khususnya aspek grafis.


Yang menurut saya bisa diteliti dari jurnal tersebut : 

Gambaran analisis konsumen dari tiap tiap produk, apakah sama atau tidak ?


Sumber : 

https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/ikonik/article/view/426

--------------------------------------------------------------------------------------------------

2. Judul :  Kajian Visual Desain Karakter Pada Maskot Kota Malang ( 2018 ) Oleh Dimas Rifqi Novica & Ima Kusumawati Hidayat. yang di muat dalam artikel JADECS ( Journal of Art, Design, Art Education & Culture Studies )


Objek Kajian Seni Rupa dan Desain : 

Objek kajian dalam jurnal ini adalah daya pikat untuk mengalihkan perhatian audiens kepada desain, salah satunya yang ingin menjadi perhatian adalah desain karakter maskot sebagai resprentasi yang mencangkup keseluruhan indentitas Kota Malang yang dibuat dengan prosedur ideal, hasil kerjasama ADGI ( Asosiasi Desainer Grafis Indonesia ) Chapter Malang dengan Barenlitbang Kota Malang, Menggunakan prinsip karakter desain, yaitu: silhoutte, shape, proportion dan pose, yang di ciptakan untuk membantu proses komunikasi kepada khalayak, tujuannya untuk menggerakan emosi positif dengan penampilan visual


Pendekatan : 

pendekatan analisis visual


Analisis : 

menggunakan metode kualitatif yang dilakukan mulai tahap pengumpulan data, tahap analisis dan tahap interpretasi. 


Teori : 

Tidak Menggunakan teori spesifik, tetapi menggunakan kutipan kutipan pendapat dari pemikir pemikir dari dunia desain maskot seperti Hotogi, Joe Thomas & Johnston. Psikologi dari ( Sullivan, Schumer & Alexander ) dll


Kesimpulan : 

pada tulisan ini adalah memaparkan tentang bagaimana proses pembuatan karakter maskot sebagai resprentasi visual mencangkup keseluruhan identitas kota malang ( Osi & Ji ) dengan tujuan nya adalah membantu proses komunikasi kepada khalayak sasaran, Desain karakter, dengan menggunakan desain karakter yang kuat, baik secara visual & mudah diingat dapat menggerakan emosi khalayak. desain karakter osi dan ji menggunakan 4 prinsip desain karakter yaitu ( silhoutte, shape, proportion dan pose. ) Osi dan Ji memiliki silhoutte yang unik, yang dapat membedakan dengan desain karakter yang lainnya.


Yang menurut saya bisa diteliti dari jurnal tersebut :

Desain Maskot ini bisa di emplementasi di media apa saja dan apakah bisa di variasi dari bentuk dan warna maskotnya ?


Sumber : 

http://journal2.um.ac.id/index.php/dart/article/view/9321

-----------------------------------------------------------------------

3. Judul : Kajian Estetika Poster Tadanori Yokoo - 1965 oleh Yayah Rukiah ( 2016 ) di muat dalam Jurnal Desain Unindra 


Objek Kajian Seni Rupa dan Desain : 

Obejk Kajiannya adalah Poster yang merupakan salah satu alat untuk menginformasikan pesan, protes dan untuk mengiklankan produk. Oleh Salah satu seniman grafis jepang terkenal Tadanori Yokoo


Pendekatan : 

Pendekatan Sejarah 


Analisis : 

-


Teori : 

Ikonografis & Ikonologis


Kesimpulan : 

pada tulisan ini ternyata poster karya Tadanori Yokoo 1965 mempunyai beberapa dimensi  yaitu: dimensi historis, dimensi etika, dimensi psikologis, dimensi sosiologis dan dimensi komunikasi, dan poster yang di buat nya adalah merupakan ekspresi dari seniman itu sendiri selama ia berada di masyarakat. Poster ini juga sebagai alat komunikasi dirinya dengan masyarakat, karena poster yang baik itu harus komunikatif, persuasif, informatif, dan menyertakan gambar, lukisan, atau sketsa yang dapat mendukung bunyi kalimat.


Yang menurut saya bisa diteliti dari jurnal tersebut :

Apakah dalam 1 poster bisa di tuangkan ke beberapa dimensi sekaligus ?


Sumber : 

https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/view/716





Mudzakir Abdul Hafizh - NPM 202046500115 - S4A - DKV Unindra 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Objek Kajian ( Film Sang Pemimpi ) dan Analisis Semiotiknya

Kajian Literatur ( Social Media Branding )