Analisis Pengalaman Sebagai Icon Desainer

Medical Icon ( Filled Line Style Production 2021 )


Pendahuluan
Icon merupakan sebuah resprentasi dari hal nyata yang biasa kita lihat di kehidupan dan di terjemahkan dalam Bentuk yang sederhana yang mirip dengan Bentuk aslinya, icon ini sangat penting dalam kelangsungan kehidupan manusia mengingat manusia adalah makhluk visual, dan daya mengingat manusia ini lebih bergantung kepada penglihatannya daripada indra yang lain, pada zaman dahulu manusia purba membuat ikon di dalam gua, untuk menceritakan keseharian mereka, dan berkembang hingga pada saat ini, fakta nya adalah manusia sekarang ini mempunya atensi perhatian yang rendah hanya 8 detik di karenakan konsumsi smatphone, dari sini kita tahu bahwa ikon ini menyelamatkan umat manusia dari rendah nya atensi mereka, karena dengan melihat beberapa detik, langsung bisa mengetahui hal / yang di simbolkan. Saat ini saya juga sudah berpengalaman menjadi icon desainer selama 2 tahun ini, saya memahami bahwa membuat icon itu bukan hanya membuat visual yang baik, dan ciamik, tetapi adalah bagaimana desain icon yang kita buat itu mampu di pahami baik oleh orang lain.

Pendekatan
Saya membahas dunia ikon dengan pendekatan Semiotika Ferdinand De Sausser

Rumusan Masalah
Kenapa Sering kali desainer ( terkena bias ) hanya mementingkan visual semata untuk memenuhi batinnya saja tanpa memperhatikan fungsi dan estetika dalam membuat ikon, dan melupakan bahwa desainer itu ada karena untuk menyelesaikan masalah ?

Tujuan
Desainer lebih memahami arti dari kata seorang desainer dan menyadari bahwa ikon itu diciptakan untuk mempercepat komunikasi dalam bersosial di masyarakat dengan semiotika

Pembahasan Penanda / Peristiwa :
sering kali kita yang bekerja di industry desain terkena bias yang ada di batin diri kita sendiri, dari desain yang kita buat ini haruslah bagus secara visual, seenaknya saja padahal kita konteksnya ini bekerja pada orang yang membutuhkan hasil kita nantinya, maka dari situ pekerjaan kita akan lebih banyak kendala, mulai dari revisi yang tiada henti, dan juga klien yang pergi

Konsep Mental :
makna yang bisa kita ambil dari sini adalah, sebagai desainer harus memahami makna desainer itu apa, bedakan dengan artist yang memang kerjanya semau dan sesuka hati mereka, reka Kembali makna bekerja karena dengan bekerja kita berusha menyelesaikan masalah yang sedang di hadapi klien, klien datang ke kita untuk membeli suatu solusi, bukan membeli ego diri desainernya, Kembali memaknai ikon ada itu apa, yaitu untuk membantu manusia untuk mempercepat berkomunikasi baik melalui dunia maya ataupun dunia nyata


Makna dari apa yang kita bedah :
jika ingin memuaskan diri sendiri jadilah seorang artist, jika ingin membantu orang menyelesaikan masalah jadilah desainer, jika ingin menjadi icon desainer harus memahami fundamental kenapa icon itu bisa ada di dunia ini

Kesimpulan
Jadilah Desain yang orientasinya customer centric agar bisa memahami apa yang diinginkan oleh konsumen, lupakanlah estetika, beralihlah ke fungsi dan kecepatan komunikasi dari icon yang sudah kita buat

Daftar Pustaka
Icon Design Guide by Justas Galaburda
Icon Utopia

Atomic Habits by James Clear
James Clear

Mudzakir Abdul Hafizh – S4A - 202046500115

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Objek Kajian ( Film Sang Pemimpi ) dan Analisis Semiotiknya

Review Jurnal Seni Rupa & Desain

Kajian Literatur ( Social Media Branding )